Berlangganan

Episode_Pena

Salam Pena

Sahabat semua....
Pena harus senantiasa menulis, agar pena mempunyai ketajaman pesan. Episode_Pena tempat untuk saling berbagi & menambah wawasan. Silahkan Sahabat semua memberikan saran, kritik, masukan atau 'say hello' dengan meng-klik & mengisi Buku Tamu :)

Oktober 17, 2012

SEO, Meta tag, dan Ping



4 hari tidak terasa belajar ilmu tentang 'nge-blog'. Banyak istilah-istilah asing yang baru didengar, ketahuan gaptek nih. Alhasil, setiap ada istilah baru, bikin spider menelusuri "apa itu SEO, meta tag, nge-ping, RSS Feed, Trafficking Blog, Adsense, de-el-el".
Ternyata banyak blog-blog yang membahas tentang semua yang saya cari. Dipermudah ? Yup, tapi ternyata yang lumayan agak susah pas edit html di tempelate blog. Kalau tidak sesuai, harus dicoba berkali-kali. Ada tips nih,
untuk mengedit html, sebaiknya html aslinya dicopy dulu di Notepad. Jadi kalau pas eror, kita punya back up  yang asli.
Kita bahas sedikit yu, tentang istilah yang membuat saya harus mengernyitkan kening :
  1. SEO : Search Engine Optimalization adalah teknik untuk membuat blog/web kita terbaca oleh search engine  dan berada pada halaman utama. Beberapa cara diantaranya adalah dengan menambahkan meta tag pada html, memberikan deskripsi yang spesifik terhadap blog/web, membuat keywords yang bisa terbaca oleh search engines, terhubung dengan sosial media yang ada, me-link dengan situs yang sudah mempunyai kualifikasi bagus, melakukan teknik Ping dan masih banyak lainnya.
  2. Meta tag adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang dipakai untuk mengaplikasikan metadata dalam suatu halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”. (diambil dari http:/www.wikipedia.org). Usahakan pakai judul yang tidak terlalu panjang dan beda. Begitupun dengan keywords, jangan kebanyakan, karena akan dianggap spam oleh search engines. Untuk mendapatkan kode meta tag, sahabat semua bisa search  sendiri di google.
  3. Ping : Packet Internet Gopher. Fungsinya untuk konektivitas jaringan. Sederhana-nya kalau kita nge-Ping berarti post yang kita kirim ke blog/web akan diangkut ke search engines yang ada, jadi posting kita tersebar dan terbaca di search engine. Saya sendiri memakai fasilitas dari TotalPing.com. Mau langsung mencoba ? Silahkan klik logo TP My ping! di blog ini, yang ada di atas kolom blog's frens. 
To be continue............. Sahabat semua, 3 itu dulu tentang SEO, Meta tag, dan Ping. Insya Alloh semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi. Uraiannya sangat singkat, masih pemula. Kalau masih penasaran, bisa cari info lebih lanjut ke Mbah Google :).
Nantikan Tips n Trik berikutnya tentang "RSS Feed, Trafficking Blog, Adsense, de-el-el".

6 komentar:

  1. teh ana meni rajin belajar blog-na ...
    *komen template newbie blogger :))

    BalasHapus
  2. sudah lama puguh ge, tdk disentuh blogna. Teh sign in ke blog Teh Vera y. Newbie tpi keren blogna, Teh tertarik u/ me-link TV on line & blog info-nya :)

    BalasHapus
  3. blog info?

    itu template dari blogger senior teh, tuh ada di navigasinya. Tinggal ngoprek htmlnya aja kalau mau ubah beberapa bagian *dan belum selesai sampe sekarang :))

    BalasHapus
  4. templatenya friendly banget ya, sederhana ringan loadingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal. betul, saya pilih template yang sedrhana. Mau coba ganti template, cari waktu yang agak luangan, harus otak-atik lagi.

      Hapus