Berlangganan

Episode_Pena

Salam Pena

Sahabat semua....
Pena harus senantiasa menulis, agar pena mempunyai ketajaman pesan. Episode_Pena tempat untuk saling berbagi & menambah wawasan. Silahkan Sahabat semua memberikan saran, kritik, masukan atau 'say hello' dengan meng-klik & mengisi Buku Tamu :)

Maret 28, 2013

RESEP MAKANAN UTAMA 1-3 TAHUN

Ga kerasa sudah 16 bulan usia Dd Nakhwa, makanannya lebih variatif sekarang.
Masih to be continue yang pernah ditulis (tepatnya diringkas) tentang menu MPASI dari HHBF usia 1-3 tahun. Kita tengok yu.............



RESEP MAKANAN UTAMA 1-3 TAHUN
LOTEK (PECEL)
Rebus sayuran (saya pakai labu siam,wortel, kacang panjang, dan toge)
Bumbu:
haluskan kacang tanah goreng yang sudah dilepaskan kulit arinya, cabe merah yang sudah dibuang bijinya, sedikit garam, sedikit gula jawa, bawang putih dan kencur. Setelah halus tambahkan air matang panas, aduk hingga tercampur rata dan mendapatkan kekentalan yang diinginkan.Tuang Bumbu diatas sayuran rebus, siap diberikan kepada bocil :)
::Ayam Kress Wijen::
Bahan:
Ayam fillet, butter milk (uht milk diberi perasan air lemon), garam, bawang putih, bubuk merica, kecap asin, tepung roti, biji wijen, terigu, putih telur.
potong-potong ayam sesuai selera, rendam dalam buttermilk kurleb 1 jam, tiriskan. campurkan parutan bawang putih sedikit kecap asin, garam dan merica kemudian balurkan ke ayam yang sudah ditiriskan, biarkan selama 30 menit. campurkan remah roti dengan biji wijen.balur ayam dengan terigu, celupkan ke kocokan putih telur, gulingkan pada campuran tepung roti-biji wijen, goreng dengan minyak panas sampai kuning keemasan. ayamnya terasa lebih tender karena dimarinasi buttermilk dan kressnya terasa berbeda karena campuran wijen di tepung roti.
Ayam Tuturaga
Bahan:
- 1 ekor ayam ukuran sedang potong2(saya pakai ayam r as), 3 siung bawang putih, 2 jari kunyit, 2cm jahe, 1 cabe merah buang bijinya, 1sdt ketumbar sangria (dihaluskan, saya diulek), 2 lembar daun pandan, gula pasir, garam (sesuai selera dan kebutuhan), jeruk nipis, 2 butir telur ayam,  air
Cara membuat:
rendam ayam dengan jeruk nipis dan garam, biarkan kurleb 1 jam, masukkan ayam ke dalam wajan, kemudian bumbu halus dan daun pandan, tuang air, masak dengan api sedang. Menjelang air rebusan habis masukkan telur, aduk-aduk hingga terlihat kesat. matikan api, biarkan dingin. Setelah dingin, goreng dengan minyak panas dan api sedang hingga kecoklatan.
##enaaakkk telurnya jadi krenyes-krenyes gituuu, sayang keabisan telor, cuma ada 1 jadi kremesnya sedikit :(
Dadar Nasi
Kocok Lepas telur, tambahkan nasi, potongan paprika merah, keju cheddar parut, dan sedikit garmer. panaskan wajan anti lengket, tuang sedikit minyak goreng, masak hingga matang dengan api kecil dan wajan ditutup
Salmon Steak
Inspired: Buku Hidangan Batita by Wied HA.
Resep asli pake ikan kakap dan saus bombai. Saya cuma pake kecap manis :p. Ikan bisa diganti dg ikan fillet apa aja. Saya jg pernah bikin pake ikan tuna...enak juga koq ;)
Cara membuat:
Campur salmon dg merica dan garam. Celupkan ikan ke dlm telur kocok, gulingkan dlm tepung panir hingga rata. Simpan dlm lemari es 30 menit. Goreng ikan dg sedikit minyak (kurleb 3 sdm, gak perlu sampe terendam) dg api kecil (wajan nya saya tutup biar ikan nya masak merata), bolak balik ikan sampe kecoklatan dan masak, tiriskan. Sajikan dengan nasi brokoli/bayam dicampur evoo sedikit. Dan sayuran kukus spt wortel dan buncis (gak ada stok) sebagai pelengkap :D — with Nur Hikmah, Tyazz Honey and Reni Anggraeni.
SOTO IKAN KERAPU : rebus 1bh ceker ayam dalam sepanci air. parut duo bawang,jahe,kunir, masukkan dalam rebusan cakar. setelah medidih, masukkan potongan daun salam, laos, fillet ikat kerapu dan telor puyuh rebus. setelah ikan matang, masukan potongan brokoli, labu siam parut dan sedikit soun. Tambahkan gulgar seupriiiiitttt banget.....kemudian tunggu sampai brokoli empuk. wala...Soto ikan + nasi putih...
Nasi Goreng
bahan : nasi , telur ,daging ayam potong kecil kecil,,,bumbu : bawang bombay di potong kotak kecil, irisan daun bawang,, garam dan merica secukupnya,,,mentega secukupnya...
cara membuat :
1.campur nasi dengan telur,, aduk2 sampai rata,
2.panaskan mentega sampai mencair,, kemudian tumis bawang bombay sampai harum,, lalu masukan irisan daun bawang, potongan ayam,, aduk2 lalu tambahkan garam dan merica,,, terakhir masukan nasi aduk2,,, udah deh jdi,,,
Bakso Ikan 1thn+
bahan:
- ikan fillet/giling 150 gram (bisa ikan apa aja yg dagingnya tebal, tp kayaknya sih yg beken tuh tenggiri kali ya ^^)
- potato starch 30-35 gram (sebenernya sih pake ilmu kira2, hihi..)
- 1 siung bawang putih cincang halus
- air es 15-20 ml (pake ilmu kira2 juga)
- garam secukupnya ( bisa di skip)
- merica secukupnya ( bisa di skip)
cara buat:
- haluskan ikan pakai blender atau food processor, lalu masukkan garam, merica, bawang putih sampai rata
- pindahkan ke mangkok, masukkan tepung sedikit demi sedikit sampai kalis, lalu masukkan air
- setelah semua bahan tercampur bentuk bulat pakai sendok atau scoop es krim terus masukkan ke panci yg airnya sudah mendidih
- setelah baso mengapung, angkat dan tiriskan
bahan kuah:
- kaldu ayam/sapi (lebih enak yg sapi sih kalo kata saya, hehe)—> kaldu ayam dibuat dari rebusan ayam dicampur bawang merah dan bawang putih juga merica dan garam (untuk anak merica dan garam bisa di skip)
- bawang daun (untuk taburan)
- seledri (untuk taburan)
- bawang goreng (untuk taburan)
- kuah sisa rebusan bakso masukkan sayur sausin rebus sebentar
—> campurkan kaldu ayam/sapi dan kuah sisa rebusan bakso ke dalam mangkok yg sudah diisi bakso, lalu masukkan rebusan sausin, taburi dengan seledri, bawang daun , dan bawang goreng (buat chia saya kasih bihun juga).
URAP SAYURAN
Bahan:
kacang panjang,  wortel,  labu siam, toge, kelapa parut, kencur, bawang putih, daun jeruk (ibuang tulangnya, iris halus), cabe merah (buang bijinya), air asam jawa, laos, gula pasir, garam, minyak goreng
cara membuat:
1. Rebus kacang panjang, wortel, dan labu siam sampai matang. (kalo versi lengkap sih pakai kangkung atau bayam, ini mah menyesuaikan stok sayuran di kulkas aja)
2. haluskan bawang putih, cabe merah dan kencur (saya diulek)
3. tumis bumbu halus, daun jeruk, dan laos dengan sedikit minyak, sampai matang dan wangi. Masukkan kelapa parut, aduk-aduk hingga kelapa dan bumbu halus tercampur rata. Bubuhi gula garam secukupnya.
4. Matikan kompor, masukkan sayuran aduk rata, masukkan air asam jawa, aduk rata. Angkat.
De Dzikra maam urapnya dengan nasi kuning, lauknya ada pepes ikan mas dan sate tempe.
SUP ASAM IKAN PATIN
Untuk 2 porsi
2 potong ikan patin segar, 4 buah sedang tomat merah, potong-potong, 8 butir bawang merah, iris tipis, 1 sdt gula merah iris tipis, 1/4 sdt garam ,350 ml 1 sdt air jeruk lemon/nipis,  2 sdm daun bawang iris tipis (saya skip karena anak-anak kurang suka)
[1] Masak air, tomat, & bawang merah di atas api sedang hingga mendidih. Masukkan ikan, masak kembali hingga mendidih. Kecilkan api.
[2] Bubuhi gula merah & garam, aduk rata secara hati-hati agar ikan tidak hancur. Didihkan terus hingga ikan masak, angkat.
[3] Segera bubuhi air jeruk lemon/nipis & daun bawang. Sajikan hangat. Nikmati bersama seluruh bumbu iris.
Oia saya juga tambahkan kacang panjang, pernah beli sop patin dimanaaa gitu, pake kacang panjang :)
spaghetti saus apel keju
Saus :tumis bawang putih cincang sampai harum masukkan Jus apel ( aku pakai apel merah ) dan keju, masak hingga air menyusut dan keju cair. lalu masukkan spaghetti yang telah direbus ke dalam saus.
Alhamdulillah setelah 2 minggu GTM faiz mau makan lagi waktu dimasakin ini.
Spaghetti Bolognaise
Bahan untuk saos Bolognaise:
- Tomat, 1 buah, buang kulit, parut
- Bawang bombay, 1/2 butir, cincang halus
- Daging ayam cincang (boleh ganti pake daging sapi), 1 sendok makan dewasa
- Tepung maizena, 1 sendok makan, larutkan dengan air dingin 30ml
- Keju cheddar, sesukanya, parut
- Garam, gula, merica boleh sesukanya (Nares sih nggak pake gulgar)
Cara bikinnya:
- Tumis bawang bombay hingga harum dan agak layu
- Masukkan daging ayam cincang, tumis hingga matang
- Masukkan parutan tomat, aduk merata
- Masukkan larutan air tepung maizena, aduk hingga mengental
- Matikan api jika sudah mengental
Siap disajikan bersama dengan parutan keju.
Tips merebus spaghetti:
- Didihkan air
- Masukkan spaghetti
- Setelah matang, tiriskan.
- Setelah air rebusan turun, siram dengan evoo (kira2 1 sendok teh untuk spaghetti sebanyak 1 mangkok pigeon), aduk rata
- Taburkan oregano sedikit, aduk rata lagi.
Hasilnya adalah, spaghetti nggak lengket dan lebih mengkilap.
Moussaka (ala kadarnya)
Moussaka adalah makanan asli dari Yunani. Khas banget dengan terongnya. Tapi yang ini moussaka versi ala kadarnya. Yang penting ada terongnya. hihihi... *maksa
Bahan2nya...
- Spaghetti, 15batang, rebus, tiriskan
- Terong ungu, 1/3buah, iris tipis
- Tomat buang kulit, 1/2buah, parut
- Daging cincang, 75gram, rebus
- Daun bawang, secukupnya
- Susu UHT plain, 50ml
- Telur ayam, 1 butir kocok
- Bawang bombay, 1/3 butir, cincang, tumis dengan minyak sayur.
- Oregano sedikit
- Garam, gula, merica sedikit (boleh di skip)
Bikinnya:
- Aduk rata antara susu UHT, telur, garam, merica, gula di wadah terpisah
- Susun datar terong iris, di pinggan bagian bawah
- Lapisan berikutnya adalah spaghetti dan oregano yang dicampur dengan tumisan bawang bombay.
- Lapisan berikutnya adalah daging cincang dan tomat parut
- Siram dengan campuran susu telur tadi (pelan2 ya, nuangnya, takut berantakan).
- Setelah tenggelam, tutup lapisan atas dengan irisan terong2 yang sisanya
- Kukus selama 10menit dengan api sedang, setelah air mendidih (kalo mau agak maknyus lagi, abis kukus setengah matang, panggang sebentar biar agak kuning2 hasilnya)
OMELET HIJAU ini :))
Kukus polong dan brokoli, setelah empuk buat puree, cincang halus bawang sedikit bawang putih dan Bombay, kocok lepas telur ayam, masukkan puree brokoli dan polong, bawang yang tadi dicincang, sedikit garam dan merica, juga parutan keju. Panaskan wajan anti lengket olesi dengan unsalted butter, tuang adonan omelet, tutup wajan, masak hingga matang. Kocokkan telur supaya teksturnya lebih lembut bisa ditambahkan sedikit susu cair atau air biasa.
Macaroni schotel 1y+
Ini resep abal2 ga pake takaran, dikira2 semua, hwehehe...
Bahan:
Macaroni elbow, Bawang Bombay,Bawang putih, Pala bubuk, Merica, Garam
Oregano, Susu cair, Ayam/daging cincang, Sayuran-wortel/brokoli bebas, yg td lg pake wortel, kentang, tomat *seadanya d kulkas*, Telur, Keju,
Cara:
Rebus air hingga mendidih, tambahkan minyak dan garam secukupnya. Masukan macaroni, rebus hingga empuk, angkat tiriskan. Tumis bawang bombay + bawang putih hingga harum. Masukan daging cincang, tumis hingga matang. Masukan aneka sayuran (td dparut dulu). Tambahkan pala, garam, merica dan oregano. Masukan susu, tunggu hingga matang. Matikan api. asukan macaroni, aduk rata. Dinginkan *ilangin uap*. Siapkan oven/kukusan *tutup dengan lap kalo dkukus*. Campurkan telur ke adonan makroni, tambahkan keju parut (optional). Masukan ke pinggan tahan panas/silicon case.Kukus 30-45’.
Spagheti part 2
resep saos:
bawang Bombay, garam, merica, pala bubuk, oregano, tepung terigu, daging/ayam cincang, susu uht
cara:
tumis bawang sampai harum, masukin ayam cincang, masukan tepung terigu hingga menggumpal, lalu masukan susu sedikit2 sambil diaduk. masukan garam, merica, pala bubuk, oregano (optional). siram ke atas spagetti.
Tumis Labu Siam
Bahan
1 buah labu siem yang muda siangi, 3 siung bawang merah diiris tipis, 2 siung bawang putih iris tipis, 2 buah cabai merah iris serong, garam secukupnya, gulpas secukupnya, 2 sdm minyak tuk menumis
Cara membuatnya
Tumis bawang dan cabe sampai harum, masukkan labu beri garam dan gula, masak sampai labu layu dan bumbu meresap, angkat.
Nasi uduk : beras direbus dengan air (secukupnya sampai beras trendam), tambahkan bawang putih parut, daun jeruk, batang serai, daun pandan dan beef gravy. Aduk-aduk sampai menjadi nasi aron, tambahkan garam, gula dan santan segar. Siapkan wadah tahan panas, kukus nasi aron kurleb 30 menit sampai empuk.
Disajikan hangat bersama wortel kukus potong dadu, tempe kukus potong dadu, tumis selada air cincang.
RESEP NUGGET SAYUR ENAK, CRISPY, SEHAT DAN BERGIZI.
BAHAN :
1 ikat bayam (125 gram), disiangi, diiris kasar
100 gram wortel, diparut kasar
75 gram tepung terigu protein sedang
6 butir telur, dikocok lepas
100 ml air
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
3 siung bawang putih, dihaluskan
1 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk
2 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
minyak untuk menggoreng
BAHAN PENCELUP :
3 butir telur, dikocok lepas
100 gram tepung roti halus
CARA MEMBUAT NUGGET SAYUR ENAK UNTUK ANAK DAN VEGETARIAN :
Aduk rata semua bahan. Cetak diloyang 18 x 18 x 3 cm yang dialas plastik. Kukus 30 menit sampai matang.
Potong - potong. Celup ke telur. Gulingkan di tepung roti. Lakukan pelapisan 1 kali lagi.
Goreng sampai matang.

Nugget Tempe
1 bh tempe sedang, dikukus lalu haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
3 bh bawang merah, haluskan
1 sdt merica bubuk
2 btg daun bawang, iris halus
2 btg daun sup, iris halus
1 sdm tepung terigu
1 sdm tepung sagu
1 sdt susu bubuk
Garam secukupnya
Cara membuat :
- Campur semua bahan, aduk rata lalu tempatkan diwadah.
- Kukus tempe nugget hingga matang.
- Angkat lalu dinginkan, potong-potong sesuai selera dan goreng hingga kecoklatan.
Note:
Sebelum digoreng, nugget tempe dibalut dengan telur + tepung roti.
Nugget Ayam Wortel
Bahan :
250 gr daging ayam cincang, 6 lbr roti tanpa kulit, 2 butir telur, 200 susu cair, 1 buah wortel diparut, 1 siung bawang putih dihaluskan, garam secukupnya
Caranya :Roti dihancurkan dengan susu setelah tercampur masukkan daging ayam,wortel telur bawang putih halus dan garam.Lalu dimasukan kecetakan kue yang persegi. Dikukus sampai mateng. Dipotong-potong sesuai selera.
kemudian celupkan ke putih telur lalu dilumuri tepung roti dan digoreng. Kalau masih bersisa bisa disimpan di kulkas untuk besok....
NUGGET AYAM KEJU
BAHAN :
300 gram daging ayam cincang, 100 gram keju cheddar parut, 1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh merica bubuk, 2 siung bawang putih, cincang halus, 25 gram tepung roti, 2 butir telur
Bahan Pelapis:
50 gram tepung roti
2 butir telur, kocok lepas
CARA MEMBUAT:
- Aduk semua bahan, lalu masukkan ke dalam loyang ukuran 12x24 cm yang telah dioles minyak goreng, tipiskan.
- Kukus selama 30 menit. Setelah dingin, cetak bentuk bunga dengan cetakan kue kering.
- Celupkan dalam kocokan telur, lalu balut dengan tepung roti,
- Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan.
- Sajikan dengan saus sambal jika suka.
NUGGET AYAM UDANG
BAHAN :
100 gram daging ayam, 50 gram udang kupas, 25 gram brokoli, 2 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan tepung sagu, 1 butir telur, 50 gram bawang bombay, dicincang halus, 2 siung bawang putih, dicincang halus, 1/2 sendok teh jahe, diparut, 1 sendok makan minyak goring, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica
CARA MEMBUAT:
- Blender daging ayam bersama udang, bawang bombay, bawang putih.
- Masukkan juga jahe dan brokoli.
- Angkat lalu masukkan telur, garam, minyak, tepung beras dan sagu Aduk rata. Masukkan cetakan persegi empat, oleskan cetakan dengan minyak,Tuang adonan, ratakan lalu kukus sampai matang, angkat dan dinginkan.
- Setelah dingin potong-potong sebesar jari.
- Kocok telur dan tambahkan sedikit garam, celupkan nugget lalu goreng hingga kekuningan.
Untuk 5 porsi
Nugget Mie
Bahan :
250 gr mie kering, rebus sebentar, tiriskan
2 batang wortel, potong halus kotak-kotak kecil
15 batang buncis, rajang halus
100 gr daging cincang, 3 butir telur, 5 siung besar bawang merah, 3 siung bawang putih, garam, merica, gula pasir secukupnya, 2 lembar bawang daun, rajang halus, Bread crumb /tepung panir butiran kasar secukupnya telur untuk mencelup
Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan sampai harum, masukkan daging cincang, wortel dan buncis,aduk sampai daging cincang berubah warna, angkat.Campurkan tumisan diatas dengan mie yang sudah direbus, rajangan bawang daun, garam, merica, gula pasir, dan telur, aduk sampai rata. Masukkan dalam cetakan loaf (ukuran 8x20 cm) yang sudah dioles minyak sayur, padatkan sampai padat benar, kukus.Setelah matang, potong-potong kotak seukuran nugget,celupkan dalam telur kocok dan gulingkan pada bread crumb.Goreng sampai keemasan.
Baro'bo --- makanan Bugis * courtesy of Isni Amalia *
Sisir jagung rebus dgn irisan bwg merah, masukan ayam cincang+ nasi hingga jadi bubur, masukkan labu parang yg telah diiris dadu kecil, saat hampir matang masukkan daun bayam yang disobek-sobek kecil.
Bubur lodeh * courtesy of Amanda Pingkan Wulandari *
Rebus ayam cincang dalam air mendidih sampai matang, masukkan jagung manis pipil, labu siam, kacang panjang, bawang merah-bawang putih yang digeprek, bawang daun, daun jeruk. Masak sampai sayuran setengah empuk, masukkan tahu sampai matang. Sesaat sebelum api dimatikan, tuang sedikit santan, aduk sampai mendidih kembali, matikan api, sisihkan daun jeruk. Setelah hangat, blender dengan sedikit kuah rebusannya. Gurih, wangi :)
Note:
Ayam cincang bisa diganti dengan daging cincang or ikan.Tahu bisa diganti dengan tempe. Jagung sebagai sumber karbo, ada protein dari tahu/tempe dan ayam/daging/ikan, plus sayuran, santan sebagai sumber lemak .... yummy....sama kayak lodeh buat orang dewasa cuma yang ini tanpa terasi dan cabe ijo :p
Bubur Soto Bandung * courtesy of Amanda Pingkan Wulandari *
Rebus daging cincang dalam air mendidih, daging matang masukkan wortel. Rebus lobak terpisah dalam air mendidih yang lain sampai setengah empuk biar gak bau langu, tiriskan, masukkan ke dalam rebusan daging cincang dan wortel bersama dengan sedikit jahe digeprek, bawang putih cincang, bawang daun dan seledri. Masak sampai matang, matikan api, sisihkan jahe. Setelah hangat, blender kasar bersama sedikit air rebusan karena tekstur lobak banyak mengandung air (sesuaikan tekstur bubur dengan ketrampilan makan bayi).
Bubur Manado * courtesy of Amanda Pingkan Wulandari *
Kukus labu kuning, bayam merah dan kangkung sampai lembut dan layu, sisihkan. Blender kasar bayam merah dengan sedikit air matang menjadi pure bayam, sisihkan. Rebus beras putih dan fillet ikan kakap/tenggiri bersama daun salam, daun jeruk, bawang daun dan seledri, masak menjadi bubur. Setelah matang, matikan api, sisihkan daun salam dan daun jeruk. Setelah hangat, blender bubur, ikan, labu kuning dan kangkung. Cukup blender kasar (sesuaikan tekstur bubur dengan ketrampilan makan bayi). Tuang pure bayam ke atas bubur, sajikan.
PINDANG TULANG courtesy of Ambu Dedi
tulang ayam utk kaldu,ati ayam+wortel+labu siam+tomat bwang merah+bwng putih+kemiri+ketumbar+kunyit+jahe+lengkuas d halusin smua.
Rebus tulang ayam biar dpt kaldu,ati ayam+wortel+labu siam trus masukin bumbunya,ksi daun salam,ksi garam seiprit smpe mendi2h,jadi deh ehm...rasanya seger krna ada tomatnya,bumbunya jga krasa bgt . resep asli: bumbu sama tp pke ikan patin
IWAK BETANAK courtesy of bu Desy Nurlina Fauziah
Ini resep nusantaranya ya ibu..ibu yg cantiq,bisa tuk usia 1thn keatas...judulnya Disini pakenya ikan gabus kering&telur bebek,rebus dlu ikannya terus dibuang airnya (pastikan ikannya kering yg homemade ya)...stlh itu lgs direbus,ceplokin telurnya sekalian...smtr itu bumbu yg dihaluskan bwg merah,kemiri,dan sedikit kunyit,masukkan bumbu barengan dgn kacang panjang ,belimbing wuluh (bikin seger) bisa jg diganti tomat yg dipotong empat bagian,stlh air mendidih matikan api,masukkan santan perasan yg telah diseduh dgn api mendidih, jadi deh :)
Klo tuk emaknya bs maem pake cabe rawit...makyusss
tara'jong (kue tradisional bugis-makassar)
bahan : singkong kukus/rebus yg dihaluskan (bisa digerus pake bawah gelas), gula merah diserut (sesuai selera), adonan tepung terigu dan air.
cara membuat : singkong yg sdh halus dicampur dengan gula merah yg sdh dihaluskan juga. bentuk seperti perkedel kemudian balurkan dengan adonan tepung terigu dan air (seperti menggoreng pisang). paling enak disantap hangat...u/bayi 1thn ke atas
TEKWAN PALEMBANG (1y+)
-500 gram ikan tenggiri/gabus fillet, lalu giling. 1 butir telur. 6 sdm sagu
campur semua bahan. bentuk bulet2 pake sendok atau tangan, masukkan ke air mendidih. tunggu sampai mengapung. kmudian tiriskan.
pelengkap: jamur kuping, soun
kuah:
-500 gram udang, duo bawang, merica, gulgar, 1 liter air,
rebus udang hingga menjadi kaldu. tumis duo bawang. masukkan tumisan duo bawang ke kaldu udang. tambahkan gulgar dan merica. masukkan butir2 tekwan ke kuah, lengkapi dengan pelengkap. siap dihidangkan.
ASAM PADEH IKAN (Masakan Padang, 1y +)
Bahan:
- 2 potong ikan, pilih yg durinya sedikit
- tempe potong dadu
- 1/2 bonggol paprika merah, buang biji
- 1 buah tomat
- 2 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- seiris jahe dan seiris kunyit
- daun salam, daun jeruk, sereh
- garam secukupnya
- air secukupnya (sekitar 1 gelas)
Cara membuat:
- Blender paprika merah buang biji, tomat, duo bawang, jahe, kunyit.
- Masak bumbu halus, air, garam, sereh dan daun jeruk, dan daun salam sampai mendidih.
- Masukkan ikan dan tempe, masak sampai ikan dan tempe matang, dan kuah mengental.
SOTO KUDUS
Inti nya di soto kudus ini adalah bawang putih goreng nya...jd makin mantep :D
Bahan:
Ayam, Telur rebus (option), Tauge, seduh air panas selama 5 menit, Soun seduh air panas, Bawang merah goring, Bawang putih goring, Lengkuas keprek, Serai, keprek, Daun salam, Daun Jeruk.
Bumbu Halus: Bawang merah, Bawang putih, Kemiri, Ketumbar, Jahe, Kunyit, Merica,Garam
How to:
1. Rebus ayam sampai keluar kaldunya.
2. Tumis bumbu halus dg lengkuas, daun salam, daun jeruk.
3. Masukkan tumisan bumbu halus ke air kaldu, masak sampe mendidih, tambah garam dan gula. Matikan api dan sisihkan ayamnya.
4. Goreng ayam hingga kecoklatan. Dinginkan, dan di suwir2.
5. Penyajiannya: dlm mangkok kecil tata soun, tauge, ayam suwir, telur rebus (option), tuang kuah soto, taburi dg bawang merah dan bawang putih goreng dan seledri (gak py stok).
Barongko, kue tradisional bugis-makassar
bahan: pisang kepok 1 sisir, santan 500 ml, telur 3 butir, gula 100 gr (ukurannya optional aja kok), garam sedikit.
cara: pisang dibuang tengahnya, blender bersama semua bahan, tuang adonan ke atas pinggan tahan panas yg dilapisi daun pisang, kukus kurleb 15 s/d 20 mnt. setelah dingin masukkan kulkas lebih maknyusss...nyesss di mulut.
Soto Bandung (Resep Modif Sisca Soewitomo) utk 12+
Bahan:
daging sapi, jahe memarkan, batang sereh memarkan, 1 lb daun jeruk, bawang merah iris tipis, bawang putih cincang (aslinya duo bawang ini dihaluskan lalu tumis sampai harum), garam dikiiiiiiiiit, merica dikiiiiiiiiiiit, kecap (ibu gak pake), sayuran (aslinya cuma pake lobak, tapi karena naya itu monster sayuran ibu tambahin banyak nih spc buat Nay), lobak potong dadu, wortel potong dadu, paprika merah potong dadu, kapri siangi.
Pelengkap : daun bawang + daun seledri + bawang goreng
Cara membuat:
1. Rebus daging bersama jahe, batang serai dan daun jeruk sampai empuk.
2. Potong2 daging menjadi kecil2, masukkan kembali ke dalam kuah. Panaskan kembali kuah.
3. Setelah mendidih, masukkan bawang putih, bawang merah, garam, merica, sayuran.
4. Setelah sayuran empuk, angkat.
5. Sajikan dengan pelengkap..
Bubur Bola-Bola Ubi
Bahan:
kira2 200 gram ubi ungu kukus haluskan, 2 sdm potato starch (bisa pake tapioka), 1 sdm gula halus, 1 sdm unsalted butter, keju parut kira2 25 gram
Cara membuat:
Campur semua bahan kemudian uleni sampai kalis. Bentuk bola2 dengan ukuran sesuai selera.
Untuk membuat bola ubi,bisa langsung digoreng di minyak panas atau dipanggang sampai matang.
Untuk membuat bubur candil,masukkan bola2 ubi ke dalam air mendidih yg telah diberi gula pasir dan daun pandan,masak kurleb 10 menit,lalu kecilkan api,tambahkan sedikit santan kental,aduk,lalu matikan api.
Kibana Yogurt Ice Cream * courtesy of Wynanda Wibowo *
Kiwi+pisang+yogurt+madu
Cara bikin
Kiwi+pisang diparut,masukkan mangkok (kl resep asli pake stroberi n iris2 dulu,stlh diungkep baru diblender ama yogurtnya,krn ak gak pake blender,jd lgsg parut aj heheh...ehe). Tambah madu sesukanya,aduk hingga rata (kl resep asli pake gula). Tutup mangkok dg plastik clingwrap,biarkan sktr 1-2jam. Buka plastik aduk2 lagi. Tambahkan yogurt plain (ak pake yummy skim natural plain),aduk2 hingga rata (ini kl di resep asli yogurt n buah yg ud iungkep,diblender),Masukkan dlm freezer,sktr 1jam (lbh jg gpp),hingga beku merata. Sajikan.
: Nasi Tuna Hijau :. courtesy of Bubu Athar
kukus labu siam baby, tim tuna (tuna di taro di mangkuk tahan panas sama salam dan parutan bawah putih, sama sedikit jahe). blender labu kukus dan tuna (bawang putih ikut diblender, daun salam sama jahe buang). setelah jadi adonan hijau ini, campur dengan nasi tumbuk. :)
Nasi goreng brokoli * courtesy of Amanda Pingkan Wulandari *
Tumis bawang merah cincang dengan unsalted butter, masukkan telur dibuat orak-arik, nasi, brokoli serut, sedikit merica, masukkan ke dalam warmer lunch box, tambah keju parut.
nasi tim ikan
bahan:
beras, air, wortel cincang, brokoli cincang, minyak goring, bawang putih cincang, daging ikan cincang, kecap manis, kecap asin, daun bawang iris tipis
cara membuat:
masak beras dan air hingga air habis, angkat. masukan wortel brokoli, aduk rata. lalu tumis bawang putih hingga harum, masukan daging ikan, aduk sampai ikan kaku, tambahkan kecap manis, kecap asin, air, dan daun bawang. aduk angkat. masukan tumisan ke mangkuk tahan panas, tambahkan nasi. lalu kukus 30 menit.
SUP IKAN :. courtesy of Bubu Athar
bahan:
fillet ikan (bisa kakap, gindara, salmon, apa aja deh..) cincang halus, bawang putih seiprit, daun bawang seiprit juga, minyak utk menumis 2 sdt, air secukupnya, garam sejimpit (optional, ga pake juga udah enaaak..), brokoli tanpa tangkai, cincang halus (sama banyaknya dgn ikannya)
cara membuat:
tumis bawang putih hingga harum, lalu masukan ikan cincang, aduk2. masukan daun bawang. harum, tambahkan air. masukan brokoli, masak sampai mendidih. sajikan dengan nasi lembut.
Mashed Potato-Carrot with Secred Riceball :.
Mashed Potato-Carrot :Kentang+wortel+bwg merah
Secred Riceball (bola nasi isi) : Nasi+merica+biji pala+telur+terigu+udang+buncis+keju+olive oil
cara membuat:
Mashed Potato-Carrot
kentang, wortel, bwg merah rebus ampe empuk, terus mashed semua bareng2 termasuk bwg merah (boleh jg tambah merica, keju dsb)
Secred Riceball (bola nasi isi)
nasi putih bumbuin pake merica dan biji pala parut, aduk rata, diisi udang/keju/buncis/ap aj yg enak (tp rebus atw masak dulu isinya biar pasti mateng dan enak) terus kepel, bulet2in (pas bulet2in tangannya basahin dikit biar nasinya gak pd nempel).kocok telur tambahin sedikit terigu biar agak kentel.celupkan bola2 nasi ke telur terus goreng pake olive oil ampe mateng
Spinach-Mushroom Cheesy Cream Soup
bahan:
Bayam+baby shitake+jagung manis+telur+keju+bwg merah+tepung terigu+merica+biji pala+oregano
cara membuat:
Cara bikinnya cuma direbus aj koq,pertama rebus jagung,n bwg merah yg dicacah,trus tambah jamur yg ud diiris,ampe mendidih,tambah keju,merica,oregano n parutan biji pala,aduk,tambah telur lgsg aduk,biar nyampur,tambah bayam,aduk2,terakhirnya tambahin larutan terigu bwt ngentelin ;p bahannya blh gontaganti ap aj,bisa jg pake ayam,kaldu,dll
BUBUR MAKARONI Pinky (1 th +)
rebus makaroni sampe benar2 empuk atau nyaris hancur..lalu tambahkan ayam giling yg sudah dikukus, bayam merah cincang, susu uht plain masak sampai bayam matang dan kental.sajikan hangat
Fun Food :. courtesy of bu Wynanda B.S Wibowo
Gurame+kentang+oatmeal+merica+biji pala+bwg putih+olive oil extra light. caranya: Kentang di mashed,campur dg gurame yg ud dialusin (ak pake parutan,jd diparut pas msh beku),tambah oatmeal,merica,biji pala parut n bwg putih parut,ampe adonan padet,terus bentuk2 sesuai keinginan (ak pake cookies cutter yg stamp),terus goreng d pake olive oil extra light..
yg tengah, bahannya sbb: butternut pumpkin kukus, haluskan.
sup krim hijau :.
bahan (untuk 2 porsi):
setengah labu siam besar, 200 ml air, 200 ml susu UHT, 1 sdm minyak goring, 1 siung bawang merah cincang, 50 gr bawang Bombay cincang, 1/8 sdt gula pasir, jika suka, 1/4 sdt garam, oregano, 3 sdt terigu dicarikan dalam 4 sdt air
cara membuat:tumis bawang merah dan bawang bombay. lalu masukan labu siam, tambahkan air. masak hingga labu empuk. kecilkan api, masukan susu, aduk, lalu masukan terigu cair. tambahkan gula garam (optional). matikan api. setelah hangat, blender semuanya. tuang di mangkuk. taburi sedikit oregano. Mammamia Lezatos!!
note:resep asli pakai kabocha dan wortel, bukan pakai labu siam. resep asli pake taburan seledri, bukan oregano. resep asli ga pakai terigu. resep asli gapake bawang merah, tapi bawang putih. hehehe..ini mah menyesuaikan dengan bahan yang ada aja.utk dibawah 1+: no gulgar, susu bisa pakai susu almond or susu kedelai. ga usah pake terigu. :
nasi teri panggang :.
ambil nasi (yg udah mateng), campur sama wortel serut, telur kocok lepas, teri nasi, dan air kaldu. olesi pinggan alumunium foil dengan mentega tawar/ unsalted butter. tuang campuran nasi, tata tomat di atas nasi. panggang di oven sekitar 15-20 menit. hasilnya nasinya lembut, dan lumatkan tomat saat menyuapi. gitu deeh..
Telur petak umpet * courtesy of Amanda Pingkan Wulandari Pratama *
Rebus 12-13 butir telur puyuh sampai matang, kupas, sisihkan. Campur 250 gr daging cincang dengan garam, merica, pala, tepung panir, susu cair, wortel serut, 1 butir kuning telur kocok lepas. Bungkus telur puyuh dengan adonan daging. Gulingkan daging ke dalam kocokan 1 butir telur, gulingkan ke tepung panir, goreng.
Saus: tumis bawang putih cincang, bawang bombay, kecap manis, saos tomat, merica, garam, gula pasir, air.
Pancake wortel * courtesy of Amanda Pingkan Wulandari * ...... 1 butir telur, kocok lepas, campur dengan 1.5 sdm tepung havermut, 1 sdm susu uht, dan pure wortel, sedikiiiiiiiiit gula, aduk rata. Panggang adonan dengan unsalted butter di fry pan (wajan anti lengket), tutup dengan tutup panci kaca.Sajikan hangat, hias dengan wortel rebus dan keju slice.
Note: * Tepung havermut/oat bisa dibuat sendiri dengan menghaluskan havermut/oats dengan bantuan chopper/blender/food processor. Gunakan oats yang non instan/quick cook (bisa merk Ligo atau merk Quacker)
Frittata Udang :. courtesy of bu Bela Pamela
Goreng irisan bwg merah+cincangan bwg putih sisihkan.tumis udang yg dicincang sisihkan.parut wortel,kembang kol kuntum teratas cincang,buncis iris tipis,bwg daun iris,masukan semua bahan + nasi +garem+ telor +keju diaduk rata.siapkan frypan(sy pk happycall) olesi dgn butter panggang bolak balik...mmm enak..:)

Nasi ayam jamur.Kukus brokoli sampai empuk, sisihkan.
Rebus tulang ayam dalam air mendidih, tambah bawang daun, seledri, tomat, sedikiiiiiiit kecap asin, matang, sisihkan kuah ayam.Tumis bawang putih dengan minyak beras dan sedikit minyak wijen, masukkan ayam cincang, setelah ayam berubah warna masukkan jamur kancing cincang, tambahkan sedikiiiiit kecap asin dan kecap manis, matang, sisihkan.Campur tumisan ayam dengan nasi, aduk rata, tambahkan kuah ayam, aduk, masukkan ke cetakan * Ibu pake silicone cup * tambahkan lagi kuah ayam ke cetakan sampai nasi terendam, kukus 25 menit. Hangat, balik dari cetakan, sajikan dengan kuah ayam dan brokoli kukus.
Puding roti * courtesy of Bela Pamela * Menu fav rayhana dari umur kurang dari 1th tapi ngga pake kismis..siapkan pinggan tahan panas masukan roti gandum sobek sobek campur dgn susu uht plain..+ parutan keju+kismis yg udh direndem air panas dan cincang+telor kuning..kukus
Tomyam tofu dan Puding Mix * courtesy of Ambu Dedi Rasya *
bahan: tofu digoreng setengah mateng, cumi, udang
bumbu halus trus disangrai : bawang merah ,bawang putih, kemiri, ketumbar, jahe, daun jeruk
cra masak : rebus air trus masukkan daun salam dan serai, masukkan bumbu yg dsangrai trus masukkan bahannya, tambahkan gulgar, klo sudah mateng tambahkan air jeruk nipis.
puding mix:blender wortel, jagung, ubi didihkan bersama gula seiprit(cos jgung ma ubi da manis) susu uht, agar2 putih.
Nasi hijau bayam+bala bala udang * courtesy of Bunda Bela Pamela *
bayam kukus..matang angkat blender ambil nasi campurkan blenderan bayam + parutan keju+goreng bwg putih&merah..aduk rata..jadi.bala-bala: wortel parut+telor+udang+bwg daun iris+ulekan bwg putih&merah+sedikit garam+terigu aduk rata goreng.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar